Tuesday 30 April 2013

Cuci Tangan Karena Cacingan


Kebiasaan mencuci tangan memang selalu kita dengar. Dengan mencuci tangan dengan sabun bakteri dan kuman akan mati sehingga kita aman untuk makan. Kebiasaan cuci tangan bukanlah hal yang tabu untuk dilakukan. Faktor pengetahuan adalah salah satu penghambatnya.

Kuman yang tak terlihat ditangan menyebabkan orang enggan untuk mencuci tangan. Terlebih lagi repot mencari air dan sabun ketika harus menjamah makanan. Dalam program PNPM Peduli, Desember 2012 lalu. Dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh anggota kelompok yang berasal dari Tekasalo. Didapati hasil yang cukup mengejutkan. Hasil Laboraturium Kota Bontang mendapatkan 80 % anggota kelompok memilki penyakit cacingan. Menurut Ibu Laksmi selaku dokter di Puskesmas Bontang Baru yang memeriksa, diduga anggota kelompok tidak melakukan PHBS, seperti mencuci tangan dan memakai sandal.

Menjadi cerita menarik ketika fasilitator ke kampung. Anggota kelompok yang merasa mempunyai penyakit cacingan menjadi minder. Salah satu anggota Ibu Jadabia mengatakan “Bapak mungkin tidak mau makan produk kami, kami kan cacingan.” Tetapi fasilitator lapangan menjelaskan bahwa penyakit cacingan mudah disembuhkan dan ibu-ibu harus menjalankan PHBS salah satunya mencuci tangan.

Perubahan perlahan sudah mulai terlihat. Misalnya ketika salah satu anggota kelompok bernama Suburia bersama anggota kelompok lainnya bertandang ke Bontang untuk menemui fasilitator. Tepat siang hari, sehingga makan siang bersama. Suburia lalu mengatakan “Ayo ibu-ibu cuci tangan dulu sebelum makan, biar kita nanti tidak cacingan.” Ungkapan yang mengejutkan dan menggembirakan didengar oleh fasilitator.

Ternyata kesadaran akan PHBS mulai tumbuh diantara anggota kelompok. Budaya sehat yang awalnya dari rasa malu akan penyakit cacingan, dapat memberi perubahan bagi masyarakat. (NIA)

2 comments:

Sayi said...

katanya orang dewasa ada baiknya minum obat cacing per-6 bulan sekali...apakah benar..?

kurniawan said...

yang saya dengar juga begitu.. tp belum jelas kebenarannya.. hehehehe...