Tuesday 8 October 2013

Cinta Lingkungan dulu baru jadi Pemimpin

Kemah Bakti dan Leadership Traning
Saleba, 4-6 Oktober 2013
Pembukaan Kegiatan, Foto : Haryadi

“Jika Algore setelah menjadi pemimpin cinta terhadap lingkungan, maka peserta leadership training cinta lingkungan dahulu baru menjadi pemimpin”

Petikan pidato singkat yang disampaikan dalam pembukaan perkemahan bakti dan Leadership Training. Yang diadakan oleh Balai TN Kutai dengan dukungan berbagai lembaga seperti Rakata Adventure, Saka Wanabakti, Kader Konservasi, Bontang Adventure, Denawa Tim serta Enggang Hash.

Upacara pembukaan yang dikemas apik dan kreatif. Menampilkan tarian dayak yang berhias manik-manik indah disetiap helai kain. Iringan musik etnik yang begitu kental dengan nuansa magis. Seolah semua yang mendengar terbawa oleh nyanyian alam.

Pejabat teras Kota Bontang juga hadir dalam acara pembukaan pelatihan, diantaranya Asisten, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kepolisian, Perusahaan dan guru pendamping.

Dalam pidato sambutan yang disampaikan Asisten Walikota Bontang, mengatakan perlunya memupuk rasa kecintaan kepada lingkungan mulai sejak dini. Dengan menanamkan prilaku berwawasan lingkungan, diharapkan dimasa mendatang generasi muda menjadi generasi yang peduli terhadap alam.

Walaupun hujan mengguyur bumi perkemahan Saleba, tak menyurutkan semangat sekitar 80 peserta putra dan putri berasal dari SMU/SMK se Kota Bontang. Keceriaan terpancar dari wajah mereka ketika mengikuti pembukaan perkemahan ini.

Sebelum upacara pembukaan berlangsung. Semua peserta bahu membahu bekerja untuk menyiapkan lapangan upacara. Curah hujan yang cukup tinggi sebelum pelaksanaan upacara pembukaan, menyebabkan hampir semua bagian lapangan tergenang air. Walaupun hujan membasahi tubuh peserta, tetapi tak sedikitpun mereka mundur.

Tak salah kiranya, kegiatan yang akan berlangsung sejak tanggal 4 dan berakhir tanggal 6 ini. Mencoba mendidik peserta menjadi pribadi yang tangguh dan unggul. Diharapkan menjadi cikal pemimpin baik bagi diri sendiri, lingkungan sekolah maupun dalam masyarakat.

Yang membuat kegiatan ini sangat berkesan. Instruktur pada kegiatan Leadership training ini ditangani langsung oleh tim RAKATA Adventure. Lembaga berskala nasional yang sudah puluhan tahun malang melintang dalam membentuk karakter, melalui media Outbond. Tentu ini merupakan pengalaman yang langka.

Dalam 3 hari kedepan, peserta akan dibawa ke sebuah pengalaman yang bisa menunjukkan nilai-nilai kepemimpinan. Selama ini pelatihan kepemimpinan banyak dijumpai hanya didalam kelas. Tetapi selama pelatihan ini, peserta akan diajak untuk bekerja bersama, dan mencoba menemukan nilai-nilai kepemimpinan apa yang terkandung didalamnya. Selain bekerja bakti, kegiatan ini dikemas dengan berbagai games kepemimpinan.

Selain mencetak calon-calon pemimpin masa depan. Area perkemahan Saleba juga dikenalkan secara luas sebagai lokasi yang akan menjadi Bontang Mangrove Park. Kedepannya  bumi perkemahan Saleba akan menjadi tempat rekreasi, pendidikan dan petualangan. Salah satu unggulannya adalah hutan mangrove yang masih terjaga kelestariannya.


Jadi selamat berkemah bagi adik-adik SMU/SMK Se Kota Bontang. Dan semoga menemukan nilai-nilai kepemimpinan dalam diri, serta tumbuh rasa mencintai terhadap lingkungan...

No comments: