Wednesday 6 April 2011

SECERCAH HARAPAN MANGROVE DI KELURAHAN TANJUNG LAUT INDAH

foto : albarach foto work


Beberapa hari yang lalu 31 maret 2011, saya dan tim BIKAL mengadakan Survey Pemetaan Mangrove di Keluarahan Tanjung Laut Indah (TLI)

Terdapat 18 Jenis Mangrove yang ditemukan di Kelurahan Tanjung Laut Indah, cukup beragam tetapi untuk jenis selain Rhizopora hanya ditemukan spot-spot kecil dan inipun masih anakan. 




Inilah titik bekas penebangan yang terjadi pada masa bomingnya budidaya tambak di Bontang. tunggul -tunggul tua begitu banyak ditemukan sehingga lahan terbuka lebar. lokasi inilah yang akan ditanami nantinya.




Gugusan mangrove yang paling dominan adalah R.mucronata dan R.apiculata. 




team survey yang berasal dari Bikal, Kelurahan TLI, IPB dan Masyarakat pegiat lingkungan.


Hasil survey belum dapat dipublish, karena perlu analisis lagi serta harus dilengkapi dengan peta yang berisi informasi kondisi mangrove yang ada di TLI

2 comments:

MangroveBlogger said...

Kemarin dari taggal 24-26 Mei, kita memberikan pelatihan pemanfaatan mangrove jenis Bruguiera kepada masyarakat bontang, ndak hanya dengan warga tanjug laut indah. Bertempat di balai desa TLI pada hari ketiganya. Tapi pada hari pertama dan kedua di training room PT Badak NGL. Kalau kita kemarin sempat survey, bontang punya lebih dari 20 species mangrove. kayaknya sonneratia mulai dari alba, caseolaris sampai ovata, vukup melimpah. Tapi kemarin yang sempat kami temukan adalah jenis ovata. Rhizopora mucronata, apiculata dan sylosa juga cukup melimpah. Yang menrik, ada bermacam bruguiera disana. dua macam Lumnitzera, dan exoeecaria agalocha juga hadir. Tapi kita belum sempat keliling semua lho, baru selintas kilas saja.

kurniawan said...

ya.. banyak potensinya... cukup luas juga.. oo yang melatih pembuatan tepung ya ini... hehehe... lama baru balas ni blog... udah setahun lebih...