Wednesday 6 March 2013

Investasi dengan Allah Swt


“Investasi dengan Allah Swt itu pasti untung, tetapi banyak yang tidak mau”

Melihat layar kaca di stasiun tv nasional semalam. Ada 4 orang yang tertipu investasi bodong. Kalau dilihat dari tampangnya dan cara menjawab saya anggap mereka perpendidikan. Tetapi yang aneh mereka menjawab seolah-olah mereka terhipnotis ketika sedang di prospek.. Alhasil jutaan bahkan ratusan juta rupiah uang mereka kabur. Hanya hitungan jam uang mereka raib, karena investasi dilakukan dipasar saham. Alasannya saham anjlok dan mereka merugi,
http://www.doniirawan.com/wp-content/uploads/2011/10/Investasi-Emas.jpg

Lain lagi yang saya nonton beberapa hari yang lalu di statusiun tv swasta nasional. Investasi bergerak disektor emas. Pemilik perusahaan dituding melarikan dana nasabah yang jumlahnya miliaran rupiah.

Kabar yang sama juga dapat di daerah saya (Bontang). Sebuah lembaga keuangan disinyalir sedang dalam proses pailit/bangkrut. Ada seorang kawan yang bercerita, bahwa keluarga ingin menarik tabungan dilembaga tersebut untuk biaya pengobatan, tetapi selalu dihalang-halangi. Bahkan bunga bagi hasil yang dijanjikan sudah beberapa bulan tidak diterima.

Sudah diketahui bersama bahwa lembaga keuangan non bank tidak dibawah naungan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga jika dana nasabah dilarikan atau perusahaan pailit/bangkrut, maka tidak ada yang akan menggantinya. contoh beberapa koperasi di Kota Bontang sudah banyak yang pailit karena uang nasabah disalah gunakan atau dibawa kabur oleh pengurus.

Sepatutnya sebelum berinvestasi haruslah melihat resiko terburuknya. Segala macam investasi pasti beresiko tetapi kita wajib meminimalisir kerugian.

Jadi dapatlah saya tarik sebuah kesimpulan berinvesatasi dengan manusia. Ada dua pilihan bisa rugi atau untung, tetapi tidak dengan Allah Swt.

Jelas sekali bahwa dengan “berinvestasi” dengan Allah Swt kita akan untung. Bahkan siapa yang berani memberikan puluhan sampai ratusan kali lipat keuntungan ketika berinvestasi denganNYA. Sepertinya kita “tidak percaya” dengan janji Allah Swt. Dan tidak ada janji yang dilanggar ketika kita berinvestasi dengaNYA. Yang pasti Allah Swt tidak akan pernah pailit/bangkrut.
Masih sajakah kita mati-matian berinvestasi siang malam terhadap dunia dan lupa berinvetasi terhadap akhirat.

Begitu kira-kira yang saya fikirkan ketika melihat berita dan membaca status teman di facebook. Semoga setiap yang kita baca dan lihat memberikan pelajaran tentang Allah Swt. Aminnn....

No comments: