Sunday 18 August 2013

Sang Merah putih ditiang Bambu


Rasa Nasiolisme memang harus selalu ada didada pemuda. Cinta akan bangsa dan negara serta berjuang merupakan cita-cita faunding father. Peringatan Kemerdekaan Tujuh Belas Agustus bagi kebanyakan orang diperingati dengan upacara bendera, tetapi tidak semua orang dapat menikmati upacara bendera yang diadakan oleh Pemerintah. Padahal beberapa kalangan masyarakat ingin sekali merasakan Peringatan Kemerdekaan dengan hormat kepada Sang Merah Putih.

Beberapa komunitas berkumpul untuk menginisiasi Upacara Peringatan Kemerdekaan.  Diantaranya Saka Wanabakti, Kader Konservasi TNK, Bontang Adventure, Denawa team, Pramuka, Komunitas Lazio Indonesia, Komunitas AC Milan, SMA N 1 Bontang, Balai TNK dan Isomoto. Sebanyak 60 orang berbaris rapi dengan mengenakan baju masing-masing komunitas. Tiang bendera yang terbuat dari bambu menambah kesan kesederhanaan upacara ini.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 16 sampai 17 Agustus 2013 berlokasi di Bumi Perkemahan Bontang Mangrove Park TN.Kutai. Sebelum upacara diadakan kegiatan berupa pemutaran Film perjuangan dan renungan kemerdekaan pada malam harinya.

Upacara ini tidak ada bedanya dengan upacara bendera. Dimulai dengan pengibaran bendera yang diiringi lagu Indonesia raya serta tak lupa membacakan Naskah Proklamasi. Mahari yang cukup terik tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti semua rangkaian upacara. walaupun ada beberapa dari peserta yang lemas. 

Dalam Sambutan Erly Sutrismanto selaku Kepala Balai TN Kutai yang ditunjuk selaku Pembina Upacara. Menekankan pentingnya menghargai dan mencintai kemerdekaan dengan menjaga alam agar nantinya dapat diwariskan kepada anak cucu.

Menurut salah satu panita Damayanti kegiatan ini memang digagas, untuk menampung harapan beberapa kawan-kawan yang ingin merasakan peringatan kemerdekaan. Sehingga kecintaan terhadap tanah air Indonesia dapat selalu dipupuk untuk generasi muda.  

Selepas upacara, dilanjutkan beberapa kegiatan antara lain menanam mangrove dan lomba tujuh belasan. Salah satu peserta Salim dari Lazio Indonesia region Bontang mengatakan semoga kegiatan ini dapat dilakukan lagi tahun depan, dengan mengundang komunitas yang lebih besar lagi.



foto : Haryadi TNK

No comments: